Waspadai Keputihan Pada Kehamilan

Waspadai Keputihan Pada Kehamilan

166
0
SHARE
Waspadai Keputihan Pada Kehamilan

Pada masa kehamilan, wanita banyak mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan itu dari gejala keluarnya keputihan. Namun anda tidak perlu khawatir karena keputihan pada masa kehamilan adalah hal yang normal. Keputihan pada saat hamil disebabkan adanya pengaruh hormon estrogen yang diproduksi pada masa kehamilan. Namun waspadai keputihan pada kehamilan, karena dapat mengubah keseimbangan asam vagina. Jika keasaman tidak seimbang, dapat menyebabkan munculnya jamur dan bisa membuat iritasi. Maka dari itu waspadai keputihan pada kehamilan, karena memiliki resiko negatif pada kehamilan dan janin

Tahukah Anda, ternyata keputihan ada dua macam, yakni keputihan normal dan abnormal. Keputihan yang masuk dalam kategori normal apabila bertekstur encer, dan berwarna putih agak bening. Keputihan jenis ini tidak menyebabkan gatal, dan tidak berbau busuk. Sedangkan keputihan yang abnormal adalah bertekstur lebih kental dan lengket, lendir tersebut berwarna kehijauan / kekuningan, bahkan lebih ekstrem lagi bewarna kemerahan / kecokelatan, berbau tidak sedap, dan menimbulkan gatal pada vagina.
Setelah mengerti jenis-jenis keputihan di atas, tentunya anda akan lebih mengerti dampak keputihan pada ibu hamil. Namun bahaya keputihan bagi kehamilan dan janin adalah resiko adanya infeksi penyakit pada vagina. Namun pada saat ini minimnya pengetahuan tentang keputihan saat kehamilan membuat para wanita kurang mewaspadai keputihan pada saat hamil. Sedangkan keputihanmemiliki dampak yang mengganggu proses kehamilan. Contoh kasus yang sering terjadi: proses melahirkan bayi secara prematur, kontraksi, hingga pecah ketuban terlalu dini. yang lebih berbahya bagi si bayi, keputihan yang tidak terdeteksi saat hamil dapat menularkan bakteri pada bayi saat persalinan. Dan jika sang bayi menyusu sang ibu, puting sang ibu bisa terkena peradangan karena sang bayi terkena  infeksi pada saat persalinan.

Untuk mengurangi risiko akibat keputihan, maka para ibu hamil perlu memperhatikan perubahan cairan yang keluar dari vagina dan secara rutin konsultasi ke dokter kandungan guna mengecek kesehatan ibu dan janin.

Kiranya artikel ini berguna bagi para ibu hamil, ikuti terus artikel tentang kesehatan hanya di koran terkini.

 

Baca Juga Efek Samping Akupuntur

Baca Juga Penjelasan Ilmiah Apa Itu Dejavu

Baca Juga Bahaya Roti Tawar Bagi Kesehatan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY