Utang Indonesia Mencapai Rp 4.210,80 Triliyun, Naik 6.3%

Utang Indonesia Mencapai Rp 4.210,80 Triliyun, Naik 6.3%

102
0
SHARE

Berbagai kebijakan ekonomi terus dilakukan dan digenjot oleh Presiden Jokowi dan jajarannya. Namun dengan adanya paket kebijakan ekonomi justru menambah hutang indonesia keluar negeri, hal ini dilakukan untuk tambahan modal supaya kebijakan tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Saat ini Bank Indonesia (BI) mencatat posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada April 2016 mencapai US$ 319 miliar atau Rp 4.210,80 triliun (estimasi kurs 13.200 per dolar AS). Posisi utang luar negeri Indonesia pada April tersebut naik 6,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.  BI melihat posisi utang luar negeri Indonesia masih cukup sehat.

Apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, pertumbuhan tahunan utang luar negeri sektor industri pengolahan dan sektor listrik, gas dan air bersih tercatat mengalami peningkatan. Sementara itu, utang luar negeri sektor keuangan dan pertambangan masih menurun.

BI memandang perkembangan utang luar negeri pada April 2016 masih cukup sehat, namun perlu terus diwaspadai risiko terhadap perekonomian nasional.

Pemerintah akan selalu memantau dan bekerja penuh guna membangun infrastruktur, sehingga dari perekonomian yang sehta mampu mengurangi beban hutan luar negeri. (vr)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY