Tips Cicil Rumah Menggunakan KPR

Tips Cicil Rumah Menggunakan KPR

106
0
SHARE
Tips Cicil Rumah Menggunakan KPR

Memiliki sebuah rumah, adalah salah satu impian semua orang, begitu pun dengan Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki pekerjaan yang tetap dan berpenghasilan untuk membeli rumah pribadi. Impian seseorang untuk membeli rumah adalah suatu tujuan utama, apalagi jika anda sudah menikah. Akan tetapi, bagi anda yang belum terbiasa jual beli rumah, dalam hal membeli rumah untuk yang pertama kalinya pasti akan membuat anda bingung. Mulai dari harga hingga memilih bank penyedia KPR mana yang harus dipilih dan perlu disiapkan dengan baik. Pada kali ini, koran terkini akan membantu anda melalui tips cicil rumah menggunakan KPR.

Untuk mencari rumah sebenarnya memang agak susah, anda suka wilayahnya, namun bangunan tidak sesuai. Anda cocok dengan harga namun wilayah tidak strategis. Jadi memang kita harus jeli dalam memilih, namun untuk mewujudkan keinginan kita membeli rumah, berikut tips cicil rumah menggunakan KPR:

1. Pilih Bank dengan Kredibilitasnya Terpercaya

Hal utama yang perlu di perhatikan adalah : Jangan mudah percaya dan tergiur dengan suku bunga yang bank tawarkan kepada anda. Tetapi fokus utamnya mencari informasi kredibilitas bank tersebut. Mulai dari banyak nasabah, kualitas layanan, hingga banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Jika bank yang anda pilih tepat, hal ini akan menjadi langkah awal yang baik bagi Anda. Bank yang sudah memiliki kredibilitas baik dan bisa di percaya, akan memberikan keamanan dan kenyamanan untuk anda.

2. Cek Bunga KPR

Setelah anda mendapatkan bank yang terpercaya, saatnya anda mengetahui besarnya bunga pinjaman yang bank tawarkan. Karena suku bunga mempengaruhi besarnya angsuran tiap bulan yang harus anda bayarkan. Kami sarankan lebih baik jika Anda memilih suku bunga yang rendah, namun jangan langsung tergoda.

Suku bunga yang relatif rendah memang cenderung menguntungkan, namun biasanya akan diikuti dengan persyaratan yang sulit.
3. Hitung Suku Bunga

Supaya lebih nyaman, ada baiknya anda meminta pihak bank menghitungkan suku bunga supaya anda bisa mengerti besarnya cicilan. Biasanya bank penyedia KPR akan memberikan tabel simulasi cicilan dan sistem suku bunga yang ditawarkan ke anda. Jangan lupa, pastikan cek jangka waktu cicilan yang anda inginkan.

akan lebih baik jika anda memilih jangka waktu yang tidak terlalu lama, supaya suku bunga yang harus anda bayakan  tidak terlalu besar. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan pihak bank yang akan anda pilih mengenai besarnya  suku bunga yang akan dibebankan..

4. Syarat dan Ketentuan

Hal ini yang biasa diabaikan oleh banyak orang , karena di dalam syarat dan ketentuan terdapat bahasa hukum yang orang awam tidak mengerti. Karena hal ini bisa menjadi bumerang bagi anda, jika anda tidak mengetahui hal ini. Biasanya hal ini berhubungan dengan denda yang harus dibayarkan jika Anda telat membayar, jika tidak mampu membayar akan di sita dll.

Jangan lupa tanyakan mengenai biaya lain-lain yang harus anda bayarkan, seperti DP pembayaran rumah, biaya notaris pengurusan sertifikat, biaya provisi dan administrasi, dan banyak lagi lainnya.

Setelah anda pertimbangkan semua aspek, silahkan Anda memilih rumah yang tepat dan memilih bank yang bisa dipercaya. Berikut adalah tips cicil rumah menggunakan KPR, kiranya bisa membantu anda dalam memikirkan mengambil program KPR.

 

Baca Juga Apa Definisi Sukses

Baca Juga Info Terbaru BPJS

Baca Juga BI Longgarkan Syarat KPR 15%

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY