Penjelasan Ilmiah Apa Itu Dejavu

Penjelasan Ilmiah Apa Itu Dejavu

111
0
SHARE
penjelasan ilmiah apa itu dejavu

Kali ini koran terkini akan membahasa penjelasan ilmiah apa itu dejavu. Baru ini seorang peneliti telah menemukan penjelasan akan terjadinya suatu fenomena aneh yang sering terjadi dalam otak dan memori kita, yang biasa kita sebut deja vu. Seorang profesor yang berasal dari Skotlandia, Akira O’Connor, memberikan penjelasan secara ilmiah bahwa deja vu adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh otak dalam mengecek suatu fakta.

Dilansir melalui situs Brightside.me, Rabu (28/9/2016), Dr. O’Connor telah melakukan banyak eksperimen terhadap otak untuk membuktikan kebenaran dari teori ini. Beberapa partisipan dikumpulkan, lalu di instruksikan untuk mengingat beberapa kata yang terhubung terhadap sebuah konsep. sebagai contoh, para partisipan disuruh mengingat kata bantal, kasur, malam, namun tidak ada kata tidur di dalamnya.

Setelah menginstruksikan para partisipan untuk mengingat kata-kata tersebut, peneliti menanyakan apakah anda semua mendengar ada kata tidur, dan ternyata hasilnya negatif. Tetapi, selang beberapa waktu ditanya kembali dengan hal yang sama, kebanyakan dari partisipan menjawab kata tidur.

Para partisipan mulai berpikir dalam pikiran bawah sadarnya, bahwa mereka pernah mendengar kata tidur tersebut. karena sangat masuk akal jika ada kata tidur terdapat di dalam rangkaian kata yang diberikan tadi. Otak dari para partisipan mulai banyak bekerja memproses ingatan mereka sendiri. Dari proses seperti ini dapat membuat seseorang mengalami peristiwa deja vu. Dari penelitian ini, penjelasan ilmiah apa itu dejavu terjawab.

Sebuah penelitian tentang resonansi magnetik membuktikan, bahwa area yang paling aktif di dalam otak adalah kegiatan untuk mengambil keputusan, dan bukan kegiatan untuk menyimpan kenangan atau memori. Dr. O’Connor yakin bahwa bagian otak ini yang mampu menciptakan perasaan deja vu, karena otak akan mengikuti sebuah memori atau ingatan dan mencari kesalahan di dalamnya. Jika otak menemukan sesuatu yang tidak konsisten, maka otak menjadi aktif dan membuat perisitiwa atau moment deja vu tersebut.

 

Baca Juga Bahaya Roti Tawar Bagi Kesehatan

Baca Juga Stress Memicu Kematian

Baca Juga Mengenal Penyakit skizofrenia

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY